Home » » Semburat Mistis Cap Go Meh Singkawang

Semburat Mistis Cap Go Meh Singkawang

Written By ZoelBathosai krewak on Sabtu, Februari 04, 2012 | 10:23 AM

INDONESIA memiliki beragam budaya yang menarik yang tersebar di seluruh nusantara. Budaya-budaya ini hadir, karena adanya bermacam-macam etnis di negara kita.
Salah satu budaya yang menarik adalah perayaan Tahun Baru Imlek. Imlek merupakan perayaan terpenting bagi orang Tionghoa, yang dirayakan dengan berbagai macam perayaan seperti menyalakan kembang api, dan juga jamuan makan malam, serta dihiasi berbagai atraksi seperti barongsai dan juga liong.

Sebanyak 15 hari setelah tahun baru Imlek, kembali hadir sebuah perayaan yang tak kalah meriah, yaitu Cap Go Meh. Biasanya, festival Cap Go Meh dirayakan dengan menggelar festival lampion atau Festival Valentine, karena Cap Go Meh juga dikenal sebagai Valentine Tionghoa.

Di Singkawang, Kalimantan Barat, Festival Cap Go Meh dirayakan dengan nuansa yang berbeda, yaitu campuran antara Dayak dan Tionghoa.

Hal ini karena masyarakat pendatang etnis Tionghoa di Singkawang banyak yang menikah dengan warga pribumi, sehingga mencampurkan dua budaya menjadi satu kebudayaan yang unik namun tetap mempertahankan keunikan masing-masingnya.

Festival Cap Go Meh di Singkawang dirayakan dengan pertunjukan Tatung, yang merupakan media utama Cap Go Meh. Atraksi Tatung ini cukup mistis, karena banyak orang-orang yang kesurupan. Para pemain Tatung sendiri diwajibkan berpuasa selama tiga hari sebelum perayaan agar mereka berada dalam keadaan yang suci.

Atraksi Tatung ini juga kurang lebih mirip dengan atraksi debus di Banten.

Para pemain Tatung ini menginjak-injak pedang atau pisau, atau menancapkan kawat ke pipi, namun anehnya tidak ada yang terluka.

Perayaan Cap Go Meh dengan atraksi Tatung ini merupakan festival yang setiap tahunnya selalu ditunggu oleh masyarakat sekitar.

Festival ini juga menjadi daya tarik khusus daerah Singkawang, sehingga ramai dikunjungi wisatawan nusantara dan juga mancanegara.

(rhs)

Sumber : http://travel.okezone.com/read/2011/11/18/408/531373/semburat-mistis-cap-go-meh-singkawang
Share this article :

1 Komentar:

Posting Komentar

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Numpang Lewat - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger