Advertisement here

Perayaan Cap Go Meh dalam Legenda Kisah Cinta Siti Fatimah

Akhir pekan ini, merupakan puncak perayaan Cap Go Meh. Di Palembang, perayaan Cap Go Meh berlangsung di Pulau Kemaro. Lokasi ini sebenarnya sebuah delta yang terletak di tengah Sungai Musi.
Delta ini tak jauh dari lokasi Kuto Gawang, yang kini menjadi lokasi pabrik PT Pupuk Sriwidjaja. Kuto Gawang merupakan kota tempat berdiamnya pemerintahan Kerajaan Palembang. Bahkan diyakini pula sebagai kota di masa Kerajaan Sriwijaya.

Ada yang menarik dari pulau ini. Yakni tentang legenda percintaan Tan Bun An dengan Siti Fatimah, yang berlangsung di masa Kerajaan Sriwijaya. Di Pulau Kemaro ini, terdapat dua onggokan tanah, yang diyakini sebagai makam Siti Fatimah dan Tan Bun An.

Setiap kali perayaan Imlek dan Cap Go Meh, Pulau Kemaro selalu dijadikan pusat perayaan. Sebab selain terdapat makam Siti Fatimah, yang lokasinya berada di dalam Klenteng Hok Tjing Rio, juga terdapat sebuah kuil Buddha. Selama perayaan Imlek 2012 dan Cap Go Meh, Pulau Kemaro dihiasi sekitar 200 lampion.

Nah, kembali ke legenda itu. Berdasarkan berbagai sumber cerita yang didapatkan detikTravel, dulu kala di masa Kerajaan Sriwijaya, Palembang sebagai pusat pemerintahan terdapat sebuah perguruan tinggi agama Buddha, yakni Sjakhyakirti. Lalu salah satu pangeran dari Tiongkok, yang bernama Tan Bun An menuntut ilmu di perguruan tinggi tersebut.

Dalam proses belajarnya di Palembang, Tan Bun An mengenal seorang putri dari seorang pangeran Palembang yang beragama Islam. Namanya Siti Fatimah. Mereka pun jatuh cinta, dan sepakat menikah. Orangtua Siti Fatimah setuju, begitu pun dengan orangtua Tan Bun An. Tan Bun An kemudian mengirim seorang pengawalnya pulang ke Tiongkok untuk meminta emas kawin. Tentu saja permintaan ini disetujui orangtua Ta Bun An. Mereka pun mengirim keramik, guci, koin emas dan perak.

Agar tidak dicuri atau dirampok di tengah perjalanan, semua emas kawin itu diletakkan di dalam guci raksasa yang di atasnya diletakkan sayur-sayuran. Panglima maupun hulubalang yang membawa guci-guci itu sama sekali tidak tahu keberadaa emas kawin tersebut. Namun, saat kapal bersandar di pelabuhan Kuto Gawang, Tan Bun An terkejut, sebab tidak ada barang yang sesuai dengan permintaannya. Dia hanya menemukan puluhan guci berisi sayuran. Tan Bun An pun marah. Kesal. Dia menyangka kedua orangtuanya tidak setuju dirinya menikah dengan Siti Fatimah.

Sambil emosi dibuangnya guci-guci itu ke Sungai Musi. Tapi saat guci terakhir, guci kesembilan dibuangnya, guci itu terjatuh di tepi kapal, pecah, sebelum jatuh ke Sungai Musi. Lalu terlihatlah sejumlah benda berharga seperti yang dimintanya, seperti keramik, koin emas, dan koin perak. Tan Bun An terkejut melihat hal tersebut. Dia pun sangat menyesal. Diperintahnya panglima dan para hulubalang untuk mengambil kembali guci-guci yang sudah tenggelam ke Sungai Musi.

Sayang, guci itu tak ditemukan. Bahkan panglima dan para hulubalang tidak muncul lagi ke permukaan air. Tan Bun An memutuskan turut terjun ke Sungai Musi mencari guci-guci tersebut. Nasibnya pun sama. Dirinya tenggelam di Sungai Musi. Mendengar kabar itu, Siti Fatimah yang berada di rumah, menjadi sedih. Dia pun minta diantar dayang-dayangnya ke lokasi kejadian. Sungguh mengejutkan, di lokasi kejadian, Siti Fatimah tak dapat menahan rasa sedihnya, dia pun terjun ke Sungai Musi.

Tak lama kemudian, di lokasi kejadian muncul sebuah delta kecil yang di atasnya terdapat dua unggukan tanah, seperti kuburan atau makam. Masyarakat Palembang pun percaya bahwa dua unggukan tanah itu merupakan makam Tan Bun An dan Siti Fatimah. Sementara etnis Tionghoa, sejak saat itu sering berziarah ke delta tersebut, hingga ahirnya pada tahun 1962 di lokasi makam Tan Bun An dan Siti Fatimah dibangun Klenteng Hok Tjing Rio.

Namun, keberadan Pulau Kemaro ini memang memiliki banyak sejarah. Disebutkan, di lokasi itu didirikan sebuah benteng oleh Kesultanan Palembang Darussalam, untuk menghadang para tentara VOC yang ingin menyerang Palembang. Selain itu, seusai Peritiwa 30 September 1965, di lokasi tersebut didirikan sebuah camp untuk menampung tahanan anggota PKI dan simpatisannya.

Kini, sejak tiga tahun terakhir, para pemburu benda beharga di Sungai Musi, selalu menyelam di sekitar Pulau Kemaro. Mereka percaya legenda Tan Bun An dan Siti Fatimah itu ada benarnya, sehingga mereka berharap menemukan benda-benda berharga yang terbuang di Sungai Musi tersebut.

Taufik Wijaya-detikNews


Sumber : http://detik.travel/read/2012/02/03/190851/1833906/1025/perayaan-cap-go-meh-dalam-legenda-kisah-cinta-siti-fatimah?vt22011024
Next Post Previous Post
2 Comments
  • Anonim
    Anonim 7:08 PM

    This picture look so beautiful.I thing this one is one temple.There are many interesting island.That is the legendary love bun tan.

    myob training sydney

  • Asep Haryono
    Asep Haryono 9:19 PM

    Ee bala gak. Ade Bule ngisi komen di blog mu
    betanggaye be blognye


    Asep Haryono
    simplyasep.blogspot.com
    www.asepharyono.com
    myfavemuzik.blogspot.com

Add Comment
comment url
Related Post
Travel